11/17/2017

Essay “Peran Mahasiswa terhadap Prodi D3 Akuntansi UGM”

Mahasiswa adalah sebutan bagi seseorang yang sedang menempuh di perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Berstatus sebagai mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus sebagai tantangan. Karena, tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh mahasiswa begitu besar. Pengertian mahasiswa tidak bisa diartikan kata per kata, Mahasiswa adalah Seorang agen pembawa perubahan. Menjadi seorang yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh suatu masyarakat bangsa di berbagai belahan dunia.

Sebagai mahasiswa harus memiliki peran penting dalam kemajuan Universitas dalam Perguruan Tinggi Negeri. Terutama kemajuan pada fakultas, terlebih pada departemen maupun program studi yang sedang ditempuh sekalipun. Karena itu, kita sebagai generasi mudah penerus bangsa yang sekaligus sebagai agen pembawa perubahan harus memajukan negeri tercinta kita, Indonesia, yang berkaitan dengan bidang studi yang kita tempuh di Perguruan Tinggi. Di Universitas Gadjah Mada program Studi D3 Akuntansi merupakan salah satu program studi diploma yang berdiri dibawah Sekolah Vokasi yang terbagi pada departemen Ekonomika dan Bisnis.

Selain sebagai mahasiswa yang menepuh program studi D3 Akuntansi, mereka juga dituntut suatu tanggung jawab moral terhadap diri masing-masing sebagai indidu untuk dapat menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab dan sesuai dengan moral yang hidup dalam masyarakat. Selain tanggung jawab individu, mahasiswa juga memiliki peranan sosial, yaitu bahwa keberadaan dan segala perbuatannya tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri tetapi juga harus membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Kemudian, Mahasiswa sebagai orang yang berintelektual haruslah dapat mewujudkan status tersebut dalam ranah kehidupan nyata. Dalam arti menyadari betul bahwa fungsi dasar mahasiswa adalah bergelut dengan ilmu pengetahuan dan memberikan perubahan yang lebih baik dengan intelektualitas yang ia miliki selama menjalani pendidikan.

Melihat pentingnya mahasiswa dalam kemajuan suatu kampus, maka dibutuhkan suatu wadah untuk menampung aspirasi dan pemikiran mereka. Wadah itu disebut organisasi. Pada dasarnya, Organisasi Mahasiswa adalah sebuah wadah berkumpulnya mahasiswa demi mencapai tujuan bersama, namun harus tetap sesuai dan disetujui oleh semua anggota dan pengurus organisasi tersebut. Organisasi Mahasiswa tidak boleh keluar dari rambu-rambu utama tugas dan fungsi perguruan tinggi yaitu tri darma perguruan tinggi, tanpa kehilangan daya kritis dan tetap berjuang atas nama mahasiswa, bukan pribadi atau golongan.

Peran mahasiswa di dalam dunia kampus di butuhkan sekali, karena itu merupakan kunci bahwa mahasiswa itu aktif, kretif, mandiri, kritis, inovatif, dalam mengerjakan segala sesuatu hal dalam ruang lingkup khusunya dibidang pendidikan baik itu di dalam universitas, fakultas, program studi, maupun diluar dari universitas. Peran mahasiswa sangatlah dibutuhkan dalam lembaga pendidikan khususnya di program studi. Karena mahasiswa disamping untuk mengembangkan lembaga pendidikan tersebut, mahasiswa ikut berpartisipasi dalam segala kretifitsnya, baik dalam akademis maupun non-akademis. 

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar